Kamis, 27 Februari 2014

Risk Management / Manajemen Risiko berbasis ISO 31000

Risk Management Sistem
ISO 31000  memahami bahwa terdapat berbagai macam sifat, tingkat, besaran dan kompleksitas risiko organisasi. Oleh karena itu, standart ini memberikan panduan mengenai prinsip dan penerapan Risk Managemet - manajemen risiko secara genetik. Dalam penerapannya pada situasi yang spesifik, standart ini memberikan panduan mengenai bagaimana suatu organisasi harus memahami konteks khas yang dihadapinya dan bagaimana ini akan menerapkan Risk Managemet - manajemen risiko ini. 

Standart international ISO 31000 ini menyediakan prinsip dan panduan generik untuk penerapan Risk Managemet - manajemen risiko. Standart ini dapat digunakan untuk organisasi, perusahaan publik, perusahaan swasta, organisasi nirlaba, kelompok ataupun perseorangan. Standart ini dapat digunakan selama masa hidup organisasi dan untuk berbagai kegiatan, proses, fungsi, proyek, produk, jasa, aset, operasi dan pengambilan keputusan.
Standart international ISO 31000 ini bertujuan untuk melakukan harmonisasi proses Risk Managemet - manajemen risiko dalam berbagai macam standart yang sudah ada saat ini atau yang nantinya akan dibuat. Standart ini menyediakan pendekatan yang umum dan mendasar, sehingga dalam menangani risiko-risiko yang khas pada bidang/sektor industri tertentu, tidak perlu menggantinya dengan standart lain. Standart international Risk Managemet - manajemen risiko ini tidak untuk digunakan dalam proses sertifikasi. 
Kerangka kerja Manajemen RisikoRisk Management ISO 31000 :
1. Mandat dan komitmen
2. Perencanaan kerangka kerja Risk Managemet - manajemen risiko
3. Penerapan Risk Managemet - manajemen risiko
4. Monitoring dan review kerangka kerja
5. Perbaikan kerangka kerja secara berkelanjutan

Proses Manajemen RisikoRisk Management ISO  31000 :
1. Komunikasi dan konsultasi
2. Menetapkan konteks
3. Identifikasi risiko
4. Analisis risiko
5. Evaluasi risiko
6. Perlakuan risiko
7. Monitoring dan review
8. Dokumentasi proses manajemen risiko

Semoga bermanfaat!!

0 komentar:

Posting Komentar

Our Client