Minggu, 14 Desember 2008

Konsultan ISO / TS 16949


SISTEM MANAJEMEN MUTU

UNTUK PRODUKSI OTOMOTIF DAN SPAREPART

Perkembangan perekonomian dunia pada abad ini meningkat dengan sangat pesat. Para ahli sejarah mendifinisikan abad ini sebagai Abad Produktivitas. Salah satu penyebab terpenting adalah bangkitnya Jepang sebagai negara adidaya ekonomi, terutama diwarnai dengan terjadinya revolusi mutu di Jepang. Terlebih lagi dengan bangkitnya Cina pada saat ini, telah menjadikan Cina sebagai salah satu ancaman bagi produsen dari negara lain.

Meningkatnya persaingan semakin menyadarkan perusahaan akan mutu. Arti mutu atau kualitas yang semula bersifat netral kini telah mengarah ke positif. Semakin kritisnya pelanggan dalam menyikapi mutu produk semakin meningkatkan kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan mutu. ISO 9000 telah menjadi salah satu persyaratan dalam perdagangan dunia sebagai salah satu wujud jaminan terhadap mutu produk yang di jual. Dalam perkembangannya, ISO 9000 telah diadopsi untuk mengembangkan QS 9000 dan pada saat ini telah mengalami revisi menjadi ISO/TS 16949  karena adanya persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh industri otomotif dan industri yang terkait dengan penyediaan sparepart untuk otomotif. ISO/TS 16949 menitik beratkan kepada persyaratan teknis produk dan inspeksi untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi konsumen penggunanya. Bahkan persyaratan ini telah menjadi persyaratan yang mutlak dari pelanggan negara-negara maju khususnya Amerika, Eropa, Jepang dan menjadi tantangan bagi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

ISO/TS 16949 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industri otomotif dan sparepart otomotif dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan (continual improvement) pada :
1. Sistem inspeksi dan pengembangan persyaratan teknis
2. Proses yang terkait dengan pelanggan
3. Sistem kepemimpinan / leadership
4. Manajemen sumber daya
5. Perbaikan dan peningkatan proses
6. Sistem manajemen
7. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
8. Pengambilan keputusan yang faktual
9. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
Untuk Konsultasi Hubungi :
Yoyo Subagyo / Hp. 0815 9767636

Kami memberikan GARANSI JAMINAN KELULUSAN & MONEYBACK QUARANTEE yang tertuang dalam Kontrak kerja.


0 komentar:

Posting Komentar